12 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara

Cerita Travel - Sumatera Utara merupakan Provinsi di Indonesia yang mencerminakan kekayaan seni budaya Indonesia. Provinsi dengan ibu kota Medan ini memiliki sekitar 12 juta penduduk yang beragam etnis suku, budaya serta agama. 

Ada 5 (lima) kelompok etnis penduduk yang tinggal di Sumatera Utara yaitu;  Suku Batak, Mandailing, Melayu, Cina dan India. Suku Batak sendiri memiliki 6 puak yaitu ; Batak Toba, Batak Karo, Batak Pakpak, Batak Simalungun, dan Batak Mandailing

Jika berwisata ke Sumatera Utara? berikut  10 Tempat Wisata Wajib Dikunjungi di Sumatera Utara

1. Danau Toba dan Pulau Samosir




Merupakan Danau terluas se-Asia Tenggara dan terluas ke-2 di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman 450 meter.

Mau tau budaya asli Batak? pergilah ke Desa Tuktuk di Pulau Samosir  yang terletak di tengah Danau Toba. 


2. Budaya Asli Batak Toba di Desa Jangga


Di desa ini, kamu bisa melihat berbagai tenunan kain ulos berbagai motif yang memiliki fungsi tersendiri dan digunakan dalam acara resmi adat Batak seperti; pernikahan, kelahiran, kematian. Disini juga terdapat banyak rumah-rumah tradisional Batak serta atraksi seni budaya.

3. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit


Sesuai namanya, air terjun ini memiliki keunikan dalam warna yaitu air dingin yang berwarna biru dan air panas berwarna putih

4. Aek Rara Tarutung





Berlokasi di Parbubu Tarutung, Pemandian Air Soda  satu-satunya di Indonesia hanya ada di Tarutung. Pemandian Air Soda hanya ada 2 di dunia yaitu di Venezuela Amerika Selatan dan di Tarutung Sumatera Utara. Masyarakat Sumatera pasti bangga.


5. Air Terjun Siposo Piso




Air Terjun 120meter menjadi daya tarik memikat bagi wisatawan. Kamu butuh extra tenaga untuk sampai di lokasi kamu mungkin bisa menuruni hampir 1000 anak tangga.

6. Salib Kasih






Berada di Kota Tarutung, Salib Kasih berlokasi di Dolok Siatas Barita yang ditujukan untuk mengenang Dr. Ingwer Ludwig Nomensen yang adalah missionaris asal Marsch Nordstrand, Jerman yang mengajarkan agama kristen di Tanah Batak.

7. Bukit Lawang





Terletak di pintu masuk Gunung Leuser, bukti Lawang merupakan perwujudan hutan tropis dimana kamu bisa melihat kehidupan satwa di alam bebas.


8. Istana Maimun




Adalah kesultanan Deli di kota Medan yang di desain oleh arsitek Italia. Luas 2.772 m2 dan 30 ruangan, desain interiornya yang unik gabungan unsur budaya Melayu, Spanyol, India dan Italia.

9. Tjong A Fie Mansion (1860-1921) Medan



Museum bersejarah dengan luas 6000m2 berumur lebih dari satu abad dengan arsitektur cina kuno bercampur gaya Eropa & Melayu yang dulu dibangun seorang Pengusaha sukses asal Tiongkok yang berhati dermawan.

10. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan

Gereja
unik di Taman Sakura Indah Jl. Sakura III no 7 - 10 ini diminati wisatawan karena bentuknya yang unik berbentuk Kuil India. Hal ini disebabkan oleh Gereja ini dibangun oleh Pastur asal India di kota Medan.

11. Maha Vihara Adhi Maitreya Medan



Vihara Adhi Maitreya merupakan Vihara Budha terbesar di Indonesia dan  berlokasi di Perumahan Cemara Asri Medan

12. Durian Medan




Belum ke Medan namanya kalau belum mencicipi Durian Medan dengan kualitas rasa yang mantap dan harga yang relatif murah. Nah kalau ke Medan, jangan lupa mampir di Ucok Durian di Jalan Wahid Hasyim Medan, Gerai Ucok Durian sendiri sudah pernah dikunjungi oleh Presiden No.1 di Indonesia Bpk Susilo Bambang Yudhoyono.

Masih banyak tempat wisata yang terkenal dari Sumatera Utara termasuk berbagai keindahan Pulau dan Pantai di Pulau Nias yang mendunia.



Sementara itu dulu, masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu bisa kunjungi dan jelajahi di Sumatera Utara termasuk berburu kuliner.  

2 comments:

  1. Waaahhh keren ada pemandian air soda! Kalo kesana gak perlu bawa koka kola ya berarti :D

    Semoga aja masyarakatnya bisa menjaga kelestarian alamnya :)

    ReplyDelete
  2. Let's Go Explore Sumatera Mas Bocah :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.