Perjalanan dari Kuala Lumpur dengan Sleeper Train ke Singapura

Cerita Travel - Kali ini, kami akan melakukan perjalanan melalui jalur darat dari Kuala Lumpur ke Singapura dengan Sleeper Train Senandung Sutera.

KL Sentral merupakan stasiun pusat transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur seperti KL Monorail, LRT (Ligth Rapid Transit), KTMB (Keretaapi Tanah Melayu Berhard) yang mempunyai jaringan kereta api intercity hingga ke Singapore dan Hat Yai ,  dan KLIA Ekpres/KLIA Transit menuju Bandara KLIA, Kuala Lumpur.

Di KL Sentral, kami pun membeli tiket kereta Senandung Sutera dengan  kelas "Sleeper Train " dan memilih Lower Bed seharga RM45 (Rp 155.000) untuk dua orang.  Sebenarnya, kami bisa memilih kelas Upper Bed yang sebenarnya memiliki harga yang lebih murah dari lower bed yaitu  RM39 (Rp 136.500), namun pertimbangan kenyamanan menjadi hal utama, karena itu kami memilih Lower Bed.

Perjalanan dari Kuala Lumpur dengan Sleeper Train ke Singapura
Sleeper Train memilik tempat tidur yang cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Tersedia kasur empuk lengkap dengan bantal dan selimut yang bersih.

Oh ya, sebenarnya harga Sleeper Train ini jauh relatif murah dibandingkan dengan tiket kereta eksekutif Jakarta ke Yogyakarta dengan hargaa Rp 200 ribu-an.

Kereta Senandung Sutera berangkat dari KL Sentral dan tiba sektiar 7.5 jam kemudian di JB Sentral (Johor Bahru) untuk melalui proses imigrasi untuk keluar dari perbatasan Negara Malaysia. Kami keluar terlebih dahulu dan kembali 5 menit kemudian dan tiduran sejenak menunggu seluruh penumpang kembali ke kereta.

Setelah seluruh penumpang masuk, 15 Menit kemudian kami berangkat menuju Singapura dan tiba sekitar 15 menit di Woodland Check Point Singapura pada pukul 07.30 pagi. Memasuki wilayah Singapura, seluruh penumpang kembali melalui proses imigrasi lagi.

Interior Sleeper Train dari KL Sentral ke Singapura
(Dilihat langsung  lebih bagus daripada gambar)
Sedikit mulai terlihat perbedaan suasanaa ketat dan tegangnya imigrasi di Woodland Check Point. Beberapa wisatawan asal Nigeria tampak di interview lebih lanjut di ruangan khusus.

Giliran kami pun tiba, berikut percakapan singkat dengan petugas imigrasi:

Petugas: (Memeriksa Paspor) Hello Miss, where do you want to live in Singapore?

CT: I will not stay in Singapore, I just want to go to Universal Studio, then at mid night we will go back to Kuala Lumpur.

Petugas: Okay, here your passport.!

CT: Thankyou.


Cara dari Woodland Check Point menuju Universal Studio (Sentosa Island)

Dari stasiun kereta Woodland Check Point, kami berangkat dengan bus 912 menuju stasiun MRT Woodland yang hanya berjarak 10 menit. Kami cukup membayar tarif bus sekitar  $1.2  (Rp 11.760,- ) saja per orang.  Dari Stasiun MRT Woodland, kami tidak membeli Singapore Tourist Pass mengingat tujuan utama kami hanya Universal Studio dan hanya 2 kali menggunakan MRT.

Kami pun langsung membeli tiket MRT menuju Sentosa Island dengan pemberhentian akhir di Harbour Front Station. Naik MRT jalur North - East (jalur berwarna ungu) atau MRT jalur Circle Line (jalur berwarna jingga) dan turun di Harbour Front Station.

Setelah sampai di Harbour Front Station, kami naik ke lantai 3 (Lobby L) yaitu di Mall Vivo City untuk membeli tiket masuk Sentosa Island dengan menggunakan Sentosa Expres (monorel) dengan biaya masuk $4 (Rp 39.200,-). Tidak sampai 3 menit, kami pun tiba di pemberhentian pertama Sentosa Express yaitu Lokasi Universal Studio Singapore.

Bola Dunia Universal Stuido Singapore
Sesampainya di Universal Studio Singapura, kawasan ini terlihat dipadati oleh banyak wisatawan khususnya di lokasi bola dunia yang menjadi icon USS.

Kami menitipkan barang di Loker dengan biaya beragam, waktu itu kami memilih penitipan 10 jam dengan biaya $10 (Rp 98.000).

Selesai menitipkan tas dan semua barang,  lalu kami berfoto sejenak dengan suasana pagi di Bola Dunia lalu membeli tiket USS yang seharga $74 ( Rp 725.200,-)  dan untungnya mendapatkan diskon $7 per orang atau sekitar Rp 68.600,-

Dengan semangat, kami memulai petualangan cerita travel yang menyenangkan yang merupakan tujuan utama perjalanan ini.
Universal Studio Singapore mulai beroperasi mulai pukul 10.00 pagi - 19.00 malam. baca:  Serunya Atraksi Permainan di Unviersal Studio Singapore


link terkait:

- Serunya atraksi dan wahana permainan di Singapura
Itinerary perjalanan 4 hari 3 malam di Singapura dan Malaysia
- Indahnya Fenomena Batu Cave Kuala Lumpur Malaysia

36 comments:

  1. Upper bed itu maksudnya yang tempat tidurnya diatas dan lower bed yang diatas ya mbak? Atau gimana? Seru ya mbak, naik kereta jadi bisa sekalian tidur nyaman ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampat tidurnya kan bertingkat mba, jadi ada yg atas dan bawah, kalau sleeper train yang di atas lebih murah. Nah, kalau mau hemat boleh ambil sleeper train yang upper bed. Kalau yang lowernya lebih murah. Kemarin itu ke singapura kita naik sleeper train yang lower jadi kita tidur hadap-hadapan.; heee.

      Delete
  2. wah menarik banget ini perjalanannya.. belum pernah keluar dari Indonesia hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh di coba mak ke singapura atau ke kuala lumpur, atau sekaligus kedua negara,bisa naik sleeper train. :D

      Delete
  3. waktu di imigrasi woodland check passpornya cewek sama cowok di pisah gak mbak?
    soalny ada rencana mau kesana tapi bahasa inggrisku masih buruk,kalo gk di pisah kan bisa nanya ama temen maksudnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Arif,

      Waktu pemeriksaan imigrasi/check passpor di woodland gak ada dipisah kok cewek cowok...harusnya sih tetap sama yah. Jangan takut gak bisa bahasa Inggris...standart aja kok, yang penting jelas lihat tujuannya. :D

      Delete
  4. waktu di imigrasi woodland pas cek passporny cewek sama cowok dipisah gk mbak?
    soalnya mau kesana mnggu depan tapi takutnya di imigrasi dipisah kalo di tanya2 pakai b.inggris takut blepotan jawabnya,kalo gk di pisah bisa nanya ama temen hhehehe
    terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee...ntar kalau mau proses imigrasi, ada pembatas buat yg lagi diperiksa, jadi tetap satu-satu. :D sekitar 2.5 meter gitu. :D
      Ayo belajar mandiri, jangan takut, skalian praktek belajar bahasa inggris waktu traveling. :D

      Delete
  5. Replies
    1. Beli tiket Sleeper Train dari KL sentral

      Delete
  6. kl suami istri waktu di imigrasi nya tetep diperiksa 1 per 1 ato langsung sis?
    denger2 cerita temen sih ribet nya di imigrasi nya emang,maklum bawa balita soalnya,blm bawaan lumayan pasti repot hehe
    jd galau naik pesawat ato train nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena akan memasuki wilayah negara lain tentu semua harus melewati proses imigrasi baik untuk berangkat dengan kendaraan apapun. :)

      Delete
  7. Rencananya mau ngikutin itinerarynyabak nih, tp kepikiran mau bawa mama kalo nglewatin imigrasi dan diinterview beliau gabs bhs inggris 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa kok...Singapore dan K. Lumpur harusnya masih bisa bahasa melayu...masih bisa dimengerti kok sm mereka.

      Delete
  8. mau coba naik sleeper train tapi coba coba beli online ga pernah bisa. kalau dari singapura ke KL kira2 beli tiket sleeper train dimana ya ?? kebetulan 14 july nanti mau kesana

    ReplyDelete
  9. Hi @Anisa: Boleh coba websitenya KTMB Berhard kl mau pesan kereta sleeper train nyah...

    ReplyDelete
  10. Rencananya aQ dan temen" pergi tahun ini, kuala lumpur singapore, cm masih agak bingung dari kuala lumpur kesingapore itu kereta atau bis yg langsung kesana apa aja yah? Kmrn" baca info backpackers ada yg keretanya g nyampek ke Singapore, setengah perjalanan pindah armada lagi alias beli tkt lagi, mohon infonya say,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kuala lumpur ke singapore bisa naik sleeper train or bus. Naik bus lebih cepat 4 jam. Kl sleeper train bisa tidur skalian (hemat hotel)

      Delete
    2. Mba kalo naik bus harganya lebih murah daripada naik sleeper train atau ngga ya?

      Delete
  11. mba katanya kalo nama di paspor cuma satu kata aja ...contoh andri
    suka ditanya tanya dan lama yah sewaktu di imigrasi singapur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harsunya sih enggak yah, kalau misalnya ditanya, dijawab aja, emang namanya cuma satu di paspor...

      Delete
  12. Dr singapura langsung balik lg ke kuala lumpur mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam berapa balik kembali ke train nya y mbak? Takut ketinggalan

      Delete
  13. Sore Mbak... ada plan mau ke KL bulan depan bersama dgn istri, membaca pengalaman dari mbak dari KL ke SING menarik juga dan patut di coba nehh.
    Mau tnya untuk tiket bisa beli PP di KL Sentral kah ?? Plan sihh mau ke Universal Studio.

    Cth :
    semisalnya naik kereta tgl 1 Sep jam 23.00 dari KL Sentral - JB Sentral, maka tiket pulangnya itu dari JB Sentral - KL Sentral jam brp yahh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, Justru kalau ke Singapore naik sleeper train, belinya di KL sentral aja yach karena bayar pake Ringgit (RM), kalau belinya di Singapore bisa harganya hampir 2 kali lipat karena dalam mata uang $ SGD. Oh ya, kl blm beli tiket USS, beli disana juga boleh jangan lupa minta diskon, sepertinya kl out of Singapore memang ada discount 20% or maybe more.
      Kalau saya dulu PP semuanya jam 11 malam, waktu itu dari woodland :)

      Oh ya, tempat tidurnya minta agak tengahan yach, jangan di pinggir batas antar gerbong. ;)

      Happy Traveling yach...

      Delete
  14. Sore Mbak... ada plan mau ke KL bulan depan bersama dgn istri, membaca pengalaman dari mbak dari KL ke SING menarik juga dan patut di coba nehh.
    Mau tnya untuk tiket bisa beli PP di KL Sentral kah ?? Plan sihh mau ke Universal Studio.

    Cth :
    semisalnya naik kereta tgl 1 Sep jam 23.00 dari KL Sentral - JB Sentral, maka tiket pulangnya itu dari JB Sentral - KL Sentral jam brp yahh ??

    ReplyDelete
  15. Haloo mbak itu biaya 155.000 untuk 1 orang atau itu sudah termasuk 2 org?

    ReplyDelete
  16. Nice trip mba... aku jg mau coba naik sleepertrain tp dari singapore... kl jam 11 malem dr sibgapore sampai KL jam berapa mba? Rencana ma keluarga sambil bawa mamah (usianya 75 th) ada rekomended hotel nyaman di KL gk mba

    ReplyDelete
  17. kalo pilih dari woodland kenapa tujuannya cuma ada JB sentral yah? berarti ke KL mesti sambung lagi dan bli tiket lg dong yah?

    ReplyDelete
  18. Mb...senang banget dapat berita ini. Saya rencana dr Singapur mau ke KL...apa ada tiket langsung turun di KL tanpa beli tiket lagi di JB Sentral ??

    ReplyDelete
  19. kalau kita bawa koper waktu di imigrasi johor bahru, koper hrs dibawa atau ditinggal di kereta?

    ReplyDelete
  20. pesawat saya sampai di KL jam 18.00 waktu setempat, dan rencana mau lanjut ke spore naik sleeper train yg malam itu juga, kira2 sempat ga ya klo mau beli tiket sleeper train nya di KL sentral kak? takutkehabisan tiket atau antrian terlalu panjang, karena mau booking online di web ktmb error terus ga berhasil2, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zeal: It's oke kok, ada banyak kok seat nya, kemaren kita beli jam segitu juga kok untuk ke singapore, langsung beli tiket PP supaya bayar dalam ringgit krn mau balik dari KL juga ke jakarta.

      Delete
  21. Tiket 155rb itu buat dua org kah mksudnya mbak?

    ReplyDelete
  22. kak tiket 155 rb itu buat berdua apa 1 org ? klo bwa anak 5 thn byr jg kah ? trus thn 2017 mang msh ada sleeper train ? dgr2 ktny dah ditiadakan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.