Uji Nyali di Goa Jomblang dan Pantai Timang Yogyakarta

Goa Jomblang Yogyakarta

Wisata Ekstrim berani uji nyali di Goa Jomblang dan Pantai Timang Yogyakarta

CeritaTravel - Goa Jomblang atau yang sering disebut dengan Luweng Jomblang merupakan salah satu dari ratusan goa yang ada di lokasi Gunung Kidul yang terletak di rentangan perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gomong di Jawa Tengah hingga kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan Jawa Timur. 

Tepatnya berada di  Jetis Wetan, Semanu Gunung Kudul DIY, sekitar 10 km dari Wonosari, Goa Jomblang mengundang daya tarik wisata yang menantang nyali para traveler.

Taukah kamu? Goa Jomblang termasuk jenis goa vertikal tipe "Collapse Doline" yang terjadi karena peristiwa alam yaitu amblasnya tanah beserta vegetasinya ke dasar bumi yang disebut dengan "Sinkhole".  Bagi para penjelajah wajib menggunakan peralatan SRT (Single Roap Technique) yaitu lintasan dengan satu tali vertikal sebagai media turun dan naik goa.  

Pancaran Cahaya dari Goa Jomblang Yogyakarta

Jalur naik turun goa dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: Jalur A ketinggian 80 meter, Jalur B ketinggian 60 meter, Jalur C ketinggian 40 meter dan ada juga jalur VIP sekitar 15 meter. Kedalaman atau ketinggian jalur menuju dasar goa ini  menggambarkan level tantangan bagi para penjelajah. Semakin tinggi lintasannya maka semakin tinggi level tantangan yang dihadapi ditengah licinnya jalan dalam gelapnya goa. Bagi para pemula, disarankan untuk mencoba jalur pendek untuk mengurangi resiko.

Untuk menuju Goa Jomblang, kamu bisa berangkat dari dari Terminal Giwangan naik bus menuju Yogyakarta tujuan Wonosari kamu bisa singgah di Rumah Kepala Dukuh Jetis Wetan untuk menitipkan barang-barang Anda. Jarak menuju mulut goa sendiri adalah sekitar 3 kilometer. Bagi kamu yang berasal dari luar kota, boleh menggunakan banyak pilihan maskapai penerbangan menuju Bandara Adi Sucipto Yogyakarta atau melalui jalur darat dengan bus atau Kereta Api. Perjalanan darat memakan waktu cukup lama, yaitu sektiar 8-10 jam perjalanan.


Ekstrimnya Kereta Gantung di Pantai Timang Yogyakarta


Ekstrimnya Kereta Gantung di Pantai Timang Yogyakarta
Bosan cuma sekedar menikmati wisata pantai dengan cara itu-itu saja? Coba pergi ke Pulau Timang Gunung Kidul dan nikmati wisata ekstrim dengan kereta tinggi menggantung di atas ombak besar dan dalamnya laut biru.

Pulau Timang merupakan Pulau yang indah terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Timang memiliki pasir putih di sepanjang garis pantainya di bagian timur, namun di bagian baratnya jauh berbeda dikarenakan banyaknya batu-batu terjal yang berbatasan dengan laut serta pulau karang menjorok ke arah laut  yang disebut batu panjang atau Pulau Panjang. 

Salah satu yang menjadi keistimewaan Pulau Timang adalah, adanya Kereta Gantung atau Gondola sederhana yang menghubungkan Pantai Timang dan Pulau Panjang. Sebenarnya bisa dibilang seperti kursi gantung juga sih.  Gondola ini sendiri merupakan rakitan para nelayan atau penduduk lokal yang bertujuan untuk memudahkan perburuan Lobster di Pulau Panjang yang letaknya menjorok sekitar 200 meter ke laut.

Kereta gantung yang awalnya dibuat pada tahun 1997 ini untuk membantu para nelayan menyeberang menuju Pulau Panjang dan tidak dikenakan biaya apapun. Namun karena adanya potensi wisata yang cukup memicu adrenalin, maka kereta gantung ini pun kerap digunakan para wisatawan dengan biaya hingga Rp 150.000 hingga Rp 200.000 sekali menyeberang. Wah lumayan mahal yah, tapi paling tidak bisa membantu ekonomi penduduk lokal setempat.

Nah, bagaimana dengan kamu? Berani Uji Nyali di Goa Jomblang dan Kereta Gantung Pantai Timang Yogyakarta

11 comments:

  1. Menantang sekali tuh yang masuk gua tapi saya agak fobia kegelapan neh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..boleh dicoba tuh ihwan... we can see how important the lights while we in darkness..heeee

      Delete
  2. pertama kali saya tahu gua (kbbi) ini dari iklan di tv 2010-an lalu
    tapi, sampe sekarang masih belum ada kesempatan buat ke sana
    padahal tempatnya deket :)

    fotonya apik banget mbak, jadi makin penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lagi kesana Choirul Huda... :D Uju nyali di Goa Jomblang, atau paling tidak naik kerta gantung pulau timang dehh...heee

      Delete
  3. Kalau gx salah pernah liat di tv tuh kereta gantung, emang sudah gx ada yang berbnuru lobster lagi ya mba?
    jadi kepingin nih nyobain kursi gantung, pasti menegangkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awan: Kalau ke Goa Jomblang nya berani gakk? :P

      Delete
  4. hadeuuuhhh, lihat postingan ini bikin saya kangen berat sama Goa Jomblang. 2 tahun lalu sekeluarga ke sana. Saya pikir, anak-anak akan takut. Gak taunya mereka ketagihan. Asli bagus banget itu ray of lightnya. Speechless lihatnya

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. @Rosanna : Pasti Goa Jomblang kan yg masuk? :D

      Delete
  6. Kalo hari biasa cuman 100 ribu kak
    kemarin aku kesana dan di tawari nyebrang tapi ngeliat laut nya ngilu banget hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Maz Toro , khaha, gua panggil "Cumicu" aja yakk, cumilebay di tawarin, dia mah ke pantai timang bakal nyelam nyebrangnya ituhh..khahaha. :D

      Delete

Powered by Blogger.