Kecantikan Pantai Payangan dengan Ombak Menegangkan dan Padang Savana


Gak kebayang deh gimana bisa sampai ke sebuah pantai yang bener-bener belum pernah gue dengar sebelumnya.  Panorama alamnya yang lengkap seperti pemandangan gunung, pantai, perbukitan, padang Savana dan pasir lembutnya benar-benar membuat gua gilaa! dan pengen balik lagi kesana.

 Sebenarnya belum pernah dalam kamus perjalanan gua untuk traveling ke tempat yang belum gua pernah dengar sebelumnya. Yah, minimal teman-teman sudah kesana dan banyak traveler mengunjungi tempat tersebut. (Padahal bisa jadi, gua doang yang ketinggalan berita).  
Itulah sebabnya kali ini perjalanan gue adalah  ke tempat yang benar-benar baru dan asing buat gue dan jauh dari hiruk pikuk keramaian yang pastinya buat Cerita Travel gue makin berwarna.

Berangkat pagi hari dari Jakarta menuju Bandara Juanda, Surabaya , gua pun tiba menikmati dengan cuaca cerah menuju panas di pagi itu.  Sengaja memilih penerbangan pagi karena gue ingin keliling kota Pahlawan seharian. 

Berangkat Menuju Pantai Payangan.

Perjalanan menyenangkan dengan lahan perkebunan dan pegunungan di kiri kanan membuat traveling ini terasa seru. Gue dan temen-temen pun tiba di lokasi Perkampungan Pantai Payangan, Jembar. Awalnya gue berpikir akan ada pintu masuk dengan penjaga yang menagih tiket masuk , tapi ternyata enggak, kami hanya menyusuri perkampungan saja menuju Pantai tersembunyi ini. 

Indahnya Panorama Pantai Payangan
Pemandangan Gunung , pantai dan ombak Pantai Payangan

Wuhuuu! Gue langsung meloncat kegirangan ketika melihat Pantai Payangan.  Pasir di pantai berwarna coklat kemerahan yang lembut, laut biru dengan ombak berkejar-kejaran serta bukit kapur di tepi pantai menjulang tinggi membuat Pantai Payangan ini semakin cantik. Selain itu, tempat ini sepi membuat suasana bagai di Private Beach.

baca: 10 Pantai terindah wajib dikunjungi di Bali

Pantas saja tepi pantai tidak terlalu banyak sampah terlihat, kalaupun ada, cuma dedaunan layu yang terbang karena hembusan angin laut. Senangnya, rasanya ingin berlama-lama disini, Cukup 30 menit, kami bergegas pergi untuk melihat Pantai Payangan dari sisi yang tak kalah cantiknya.



Kapal-Kapal Nelayan di Pantai Payangan


Kapal Nelayan  dan Bukit Kapur Menjulang  Pantai Payangan
Masih di "Surga Tersembunyi" gue menyusuri jalan pinggir pantai dengan berjalan kaki.

Nah, di Perjalanan kami melihat ada banyak kapal-kapal nelayan di pinggir pantai. Beberapa nelayan tampak membersihkan jala, ada yang membersihkan kapal, dan ada yang duduk-duduk saja. Barangkali para nelayan ini sedang menunggu waktu yang tepat untuk menjala ikan di laut yang kala itu memiliki ombak yang cukup tinggi.

Senang rasanya bisa melihat penduduk lokal langsung dan melihat aktifitas mereka. Gua memang traveler yang sangat excited jika bertemu dengan penduduk dan melihat budaya mereka.


Pantai Cantik dan Natural dengan Ombak Menegangkan

Akhirnya tiba di sisi cantik Pantai Payangan yang diapit perbukitan batu. Pantai dengan pasir yang lebih luas dari sebelumnya, gue menikmati bermain-main dengan percikan hempasan ombak membasahi pasir coklat kemerahan ini.

Gue  mencoba mendekati karang yang bikin penasaran dan membuat ombak menghempas tinggi. Ketika ombak tampak tenang gue pun mencoba mendekati dan ingin berdiri di atas karang. Dari kejauhan gue melihat air laut membentuk gulungan ombak dan membuat gue sempat perhitungan di otak gue tentang kecepatan dan bahaya ombak (sok akhli maritim).

Larii..! Vije, temanku dari atas bukit bukit teriak menyuruh saya berlari sembari ia meloncat dari bukit ke arah saya, tanpa pikir panjang langsung mengikuti arahannya dan berlari menjauh. Dan benar, Gulungan ombak itu tiba-tiba meninggi dan berubah dari lembut dan tampak ganas mengejar gue dengan cepat.

Berlari jauh dan Bezzzz....!! Bezz..! Bezz..! percikan ombak membanting pungung hingga basah, dan untunglah gue sedikit lebih jauh, kalau tidak, barangkali ombak itu akan menyeretku bersamanya. Thanks bro..! kataku kepada Vj sementara temenku yang satu lagi Sandi dari kejauhan masih setia untuk menjeprat sana sini.


Ombak Laut Pantai Payangan 










Oleh karena itu saya sarankan teman-teman untuk berhati-hati dan jangan menantang maut. Kalau itu saya belum mengenal ombak dan Pantai ini percayalah kepada temanmu dan jangan mencoba-coba. Masih banyak cara untuk membuktikan sebuah kehebatan.  Nah, ketika Anda membaca tulisan ini, sebaiknya dengarkan nurani, teman dan belajar lebih "bijak".

Kami pun bergegas menuju puncak bukit, dan ketika naik sekitar 4 meter, Oh My God ! , terlihat perairan laut di balik batu karang yang ingin saya dekati ternyata ada pusaran air berwarna toska di tengah birunya laut dan gue yakin itu berbua ha ha ha ha ya..! Mengelus dada, untunglah gue selamat.


Menuju Puncak Bukit Melewati "Padang Savana"


Padang Savana di Payangan

Melanjutkan mendaki bukit dengan pakaian basa kuyup di bawah terik matahari dan wahhh! cantiknya dataran di perbukitan bagai Padang Savana. Padang Savana ala Payangan ini sangat cantik loh, membuat teriknya matahari terabaikan sejenak.

Sayang sekali harus segera bergegas karena permukaan tanah berpasir ini cukup kering dan terasa sangat panas jika mengenai permukaan kaki, selain itu tumbuhan ini pun agak tajam.   Saat itu gue pakai sendal jepit dan meninggalkan sepatu di mobil karena ingin bermain di Pantai.

Padang Savana di tanah lapang ini membuat berasa di luar negeri. :)

Kecantikan Pantai Payangan dari Puncak Bukit

Kecantikan Samudera Payangan dari Puncak Bukit



Akhirnya tiba di puncak bukit ....! dan wowww..! Pantai Payangan cantik sekaliiii!

Dari puncak bukit gue dan teman-teman bisa melihat semua keindahan Payangan dan pegunungan tinggi menjulang nan jauh disana .

Puas sekali menikmati terpaan angin laut, memandang samudera biru yang luas dan melihat ombak Payangan saling berkejar-kejaran menghempas batu karang, meninggalkan ukiran cantik di pantai.  Senang sekali...!

Pokoknya, teman-teman mesti kesana deh, tempatnya bagus dan keren banget bakal buat Cerita Travel kamu semakin berwarna.

Yess ! and Thanks God for Wonderful Indonesia! 

9 comments:

  1. Bagus Mbak pantainya, thanks buat sharingnya yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Titis, Seru banget jalan-jalan ke Payangan , asyik buat aktifitas fotografi juga di Padang Savana Payangan nyah, hee. Keren lihat laut dari puncak bukit juga

      Delete
  2. wuaahhh ada pusaran airnya???? aku blm prnh liat pusaran air gitu..tp baru dgr namanya udh serem...apalagi aku tipe yg ga bs berenang samasekali...makanya ga prnh mau nekat main2 dekat air mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fanny, Pusaran air di balik karang itu aku lihat pas dari puncak bukit, mungkin itu yang menyebabkan ombaknya menjulang tinggi pas kehempas karang hee, cantik kok mba tempatnya, asal jangan terlalu dekat ke air lautnya, apalagi pas angin kencang dan ombak payangan tinggi.

      Delete
  3. pantai selalu mengasyikan. Itu ombaknya besar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tira, Iya ombak Payangan lumayan tinggi waktu itu, mungkin pas angin kencang dan pasang. Tapi asyik kok, payangan cantik walau ombaknya menegangkan. hee

      Delete
  4. Waahh ombaknya ganas! Waaah savananya keren! Waaaah harus kesana!
    Semoga aja tempat itu bisa tetep bersih :D

    ReplyDelete
  5. Iya, padang savana ala payangan keren , tempatnya bersih kok, semoga semakin ramai orang kesana justru makin bersih :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.