Petualangan Seru ke Kaki Gunung Salak Curug Pelangi


Libur panjang gak kemana-mana? mana seru...!  So, mumpung masih banyak teman yang lagi di Jakarta nih, Kami memutuskan untuk mencoba sebuah petualangan baru.

Petualangan ke kaki Gunung Salak..! Wuhuw!  Ini pilihan yang cukup berani dan menantang loh, kenapa? karena banyak dari teman-teman yang belum pernah berpetualang naik turun gunung. Bagaimana kisah petualangan seru kali ini? 



Berangkat dari Jakarta - Bogor

Pukul 06.00 kami menggunakan KA Commuter Line dari Stasiun Juanda Jakarta (Oh yah, stasiun KA dan KA nya bersih loh guys..) menuju  stasiun KA di Bogor yang berjarak sekitar 53km yang bisa ditemouh  dalam waktu 1 jam. Keseruan pertama dimulai dengan 10 petualang duduk di gerbong 6 yang sepi pagi itu. 1 jam berlalu, Kami tiba di Stasiun KA Bogor. Langsung cari warung yang buka pagi itu untuk sarapan, kami mengisi perut sejenak dengan makan bakso seharga Rp 15.000,-.

Sekitar 30 menit kemudian, Kami melanjutkan perjalanan dengan Naik Angkutan Umum (Angkot) Nomor 4A menuju BTM (Bogor Trade Mall) dengan biaya sekitar Rp 4.000,-. Dari BTM kami naik angkot 04A warna hijau rute Cihideung menuju titik awal pendakian ke Curug Pelangi dengan biaya sekitar Rp 6.000,-. Untuk perjalanan sekitar 35 menit. Kami turun persis di depan Swalayan Ind***r**.

Seampainya di titik awal pendakian di perumahan penduduk, kami pun memulai petualangan menuju Curug Pelangi.

2 Petualang sedang berbincang menghadap pemandangan indah pegunungan


Menapaki jalan yang mulai menanjak, tampak pemandangan pedesaan begitu Indah dengan pertanian yang menghijau yang ditanami berbagai tanaman  seperti; padi, ketela pohon, keladi, nenas, pohon pisang,  dll. Cuaca yang cerah dan udara yang sejuk membuat pemandangan Gunung Salak yang biru semakin indah.

Beberapa kali kami sempat berhenti, karena menunggu petualang lain yang tampak kelelahan. Sesekali meneguk air mineral untuk menghilangkan dahaga. Jalan bebatuan menuju kaki bukit dengan kemiringan sekitar 30 - 40 derajat membuat perjalanan ini semakin menantang.

Ketika semakin dekat ke Curug Pelangi, kami harus menuruni tangga yang cukup curam. Suasana mendekati Curug Pelangi tampak berbeda dengan taman di sekitar tangga, dan jalan bertangga itu sendiri ditanami rerumputan. Jangan khawatir jatuh karena licin dan curam, karena di kiri kanan tangga ada besi pembatas buat kamu berpegangan.
Namun, tetap harus hati-hati karena jalanan licin dan berlumut, serta terkadang ada kadal kecil tampak melintasi jalanan.
 
 
Curug Pelangi Kaki Gunung Salak
Sekitar 40 menit kemudian, kami pun tiba di Curug Pelangi dan membayar tiket masuk senilai Rp15.000,-. Curug Pelangi tampak cantik dan bersih, dan serunya, hanya ada kami yang ada disana, serasa punya Pulau Sendiri.

Cantiknya Pelangi di Air Terjun  

Byurr....!!!! kami pun menceburkan diri ke kolam air terjun, dan waw..! selain jernih dan segar, air terjun ini dingin banget ! Gak cuma itu, dibawah air terjun ini tampak ada banyak warna-warni pelangi cantik. Tidak hanya di air terjun, pelangi ini juga tampak di dinding tebing Air Terjun membentuk cincin-cincin melingkar banyak sekali tergantung mata memandang. Sayang, tidak sempat mengabadikan pelangi itu karena harus cebur dulu baru terlihat.
  

  
10 Petualang menikmati keseruan bermain air dingin di Curug Pelangi

Seru melihat teman-teman saling mencipratkan air ke teman-teman lain yang enggan nyebur, hingga akhirnya pasrah karena sudah basah dan langsung ikutan cebur. Awalnya menggigil karena airnya sangat dingin, untungnya cuaca cerah pukul 10 pagi itu sangat mendukung. Saya pun tak bisa mengelak untuk menikmati dinginnya air curug pelangi. 

Siap-siap untuk kembali ke Jakarta (mendaki lagi..)

Akhirnya kami menyelesaikan petulangan ke Curug Pelangi Gunung Salak dengan hati gembira. Perjalanan ini juga membuat kami saling mengenal lebih dekat lagi.Kami pun kembali dengan cara yang sama menuju Kota Jakarta (yang sedang sepi) di libur lebaran ini.


Selengkapnya tentang keceriaan dan Petualangan Seru ke Kaki Gunung Salak Air Terjun Curug Pelangi Bogor,  teman-teman bisa langsung lihat di Youtube berdurasi 1 menit di: "The Journey of Sentinel Family to Curug Pelangi"



Nah, bagaimana dengan petualangan kamu traveler? Yuk, jadikan Petulanganmu Cerita Travel yang tak terlupakan.


Baca: Ini 10 Besar Maskapai Terbaik di Dunia tahun 2016

6 comments:

  1. walau haarus jalan jauh tapi sesudah lihat curugnya , rasa lelah akan sirna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali..!!! Petualangan ke Curug Pelangi di Kaki Gunung Salak ini bikin pengen mendaki gunung lagi...

      Delete
  2. Wah, pengen ke sini.
    Thanks mba infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Curug Pelangi ini cocok juga mba Rin buat petualangan kecil keluarga...airnya tidak dalam hanya sekitar 1 meter, bisa berenang, berjemur, tiduran di rumah kayu nya sambil dengerin suara curug, atau ngadem sembari makan mi instan hangat..hee

      Delete
  3. Gw sering ke kawasan gunung salak tp blm perna ke curug pelangi, ini gunung salak via sukabumi kan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaki gunung salak, kita Via bogor, ada rute nya naik angkot kesana.. :)
      Pilih ini karena bisa berenang di bawah Curug yg ada pelangi di airnya, dan ada tempat buat ngasoh gitu sembari tiduran.

      Delete

Powered by Blogger.