Ananta Samakhom Throne Hall Bangkok Thailand Sangat Memukau


Tau gak  traveler? Berkunjung melihat kemegahan Ananta Samakhom adalah bagian tak terlupakan dari perjalanan 4 Hari 3 Malam ke Bangkok, mengapa? Tempat ini bakal bikin kamu terkagum-kagum melihat maha karya seni masyarakat lokal Thailand.  

Tentang Ananta Samakhom Throne Hall

Ananta Samakhom Throne Hall yang berlokasi di Dusit ini merupakan Gedung  Istana yang dibangun atas perintah Raja Rama V Thailand.

Penyelesaian pembangunan sendiri membutuhkan waktu 8 tahun hingga masa pemerintahan Raja Rama VI. Mario Tamagno dan Annibale Rigotti adalah sosok artistektur yang membangun Ananta Samakhom yang bergaya modern Rennaisance Italia dan Neo Classic ini

Ananta Samakhom kerap digunakan untuk acara-acara kenegaraan seperti tempat gelar pengangkatan Putera Mahkota Thailand. Maka dari itu, karena masih digunakan untuk acara kenegaraan, tidak semua ruangan ini terbuka untuk publik. Publik bisa melihat desain dalam bangunan beserta berbagai mahakarya seni yang dipamerkan yang didukung oleh Ratu Srikit.


Masuk dengan metal detektor dan dipandu Audio Tour

Masuk Istana Ananta Samakhom dimulai dengan pemeriksaan metal detektor oleh tim pengaman Istana.

Setelah itu,  kita diberikan pilihan untuk menggunakan Audio Tour berdasarkan bahasa yang dikehendaki. Audio Tour ini akan membantu menjelaskan bagian objek istana yang sedang kita amati hanya dengan menekan tombol sesuai  dengan nomor kode yang tertera.

Indahnya Desain Interior Ananta Samakhom

Waw..! itu adalah kata pertama mengekspresikan kecantikan desain dalam Istana Ananta Samakhom. Lukisan berwarna emas di dinding dengan desain yang sangat rapi sungguh sangat menakjubkan. Di dalam gedung ini terdapat kubah besar (setinggi 49.5m) dikelilingi oleh 6 kubah lainnya dengan dindingnya dilapisi lukisan indah karya Galileo Chini dan Charli Riguli yang menggambarkan sejarah pemerintahan  Dinasti Chakri.


Lukisan Kubah Ananta Samakhom

Kubah utara menunjukkan kisah Raja Rama I ketika memimpin pasukan kembali ke Thailand setelah mengalahkan Khmer dan beliau dinobatkan menjadi Raja Pertama Dinasti Chakri. Kubah timur menunjukkan bagaimana Raja Rama II dan III berkontribusi memesan bahan-bahan untuk konstruksi kuil kerajaan. Kubah selatan menggambarkan peniadaan perbudakan oleh Raja Rama V, sedangkan kubah barat adalah lukisan Raja Mongkut (Raja Rama IV) dikelilingi imam dari berbagai agama.

Lukisan dan Ukiran Raksasa

Setelah terpesona dengan keindahan desain istana dalam Ananta Samakhom, kami semakin terpukau dengan karya Seni menakjubkan yang dipamerkan disini. Semua karya seni kebanyakan merupakan hadiah untuk keluarga kerajaan dengan berbagai hasil teknik seni menakjubkan.

Salah satu yang paling memukai bagi teman-teman Cerita Travel adalah ukiran kayu raksasa "Sangthong & Himmarata Forest" dengan ukiran pepohonan hutan yang menakjubkan. Tak jauh, disini juga ditampilkan meja perjamuan ala istana dengan pernak perniknya berwarna emas dan perak yang sengaja dipamerkan untuk umum.

Oh ya, aktifitas fotographi dilarang keras di ruangan ini. Selain itu tim pengaman juga lalu lalang di area pameran istana, so, sebaiknya mengikuti arahan yah, atau kamu bakal kena tegur oleh pengaman istana.


Bagaimana cara berkunjung ke Ananta Samakhom?

Transportasi: Taxi
Lokasi: Royal Plaza, Dusit
Jam buka: 09:30 s/d 16.00  (selasa - minggu )
Harga tiket masuk: Gratis jika membeli tiket Grand Palace, atau beli seharga THB 50

So, kalau kamu jalan-jalan ke Bangkok, pastikan kamu mampir melihat kemegahan Ananta Samakhom Throne Hall yang sangat memukau.

Baca: Tips dan Biaya Perjalanan 4H3M di Bangkok Thailand

Video Singkat "My First Trip to Bangkok, Thailand"

10 comments:

  1. Replies
    1. Kalau ke Ananta Samakhom ,pasti gak nyesel, belum lagi lihat semua karya-karya seni disana yg wow... heee

      Delete
    2. Lebih cantik lihat asli istana ananta samakhom nyahh

      Delete
  2. Hwooooh, megahnya mbak :O
    Loh, kalau dilarang aktivitas fotografi, mbak cara foto interiornya gimana itu?
    Ada fotografernya khusus. kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu hanya some image from news disanah... Bisa di bilang ruangan itu blm bagian intinya juga sih...

      Delete
  3. cakep istananya...kalau ke Bangkok lagi bisa jadi referensi. Terakhir ke Bangkok ga sempet kemana mana..maklum bistrip...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Boleh lah mampir ntar ke Ananta Samakhom yow... :)

      Delete
  4. Hai mbak.. kok pake kain, padahal keliatannya sdh pake jeans panjang. Apakah kesana tidak boleh menggunakan celana jeans ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, itu sepulang dari Vimanmek Mansion langsung ke Ananta, itu baru mau masuk..hee.. kl pake jeans panjang, harusnya oke kok.

      Delete
    2. cont..yg penting sopan aja, karena kan mau masuk ke dalam Istana..Ananta Samakhom ini cuma sekian langkah dari Vimanmek Mansion. Oh ya, itu yg aku pake Legging sbnarnya cuma motive jeans... *kece yah..hahahha

      Delete

Powered by Blogger.