Vimanmek Mansion Bangkok, Istana dari Ribuan Kayu Jati Terbesar di Dunia

Vimanmek Mansion Bangkok, Istana dari Ribuan Kayu Jati Terbesar di Dunia

Bangkok sebagai ibukota Thailand menyimpan banyak sekali tempat menarik dan bersejarah untuk dikunjungi. Salah satunya adalah bangunan besar yang terbuat dari Kayu Jati terbanyak di dunia, yaitu Vimanmek Mansion.

Lokasi Vimanmek Mansion berada Jalan Rajavithee di Komplek Istana Dusit dekat dengan kebun binatang di distrik Dusit.  Lokasinya juga hanya beberapa menit dari Istana Ananta Samakhom The Throne Hall. 

Dari Jim Thompson, kami berangkat dengan menggunakan Taxi dan membayar seharga 91 bath atau sekitar Rp 35.000,- lalu makan dulu di restoran kantin luar Vimanmek dengan rata-rata menu seharga 50 bath. Kami juga menikmati segarnya air kelapa muda asli seharga 40 bath atau sekitar Rp 16.000,-

Untuk masuk ke Vimanmek Mansion, Pengunjung diharuskan membeli tiket seharga 150 bath. Namun, apabila Anda memiliki Tiket Grand Palace, Anda akan mendapatkan banyak kupon gratis masuk ke beberapa tempat wisata, contohnya Vimanmek Mansion, Ananta Samakhom dan banyak lagi. 

Istana Kayu Jati Terbesar di Dunia Vimanmek Mansion Bangkok, Thailand

Sejarah Istana Vimanmek Mansion

Dulunya, Vimanmek Mansion adalah tanah persawahan dan kebun. Setelah kepulangan King Rama V (Chulalongkorn) dari Eropa dan mengunjungi banyak istana kerajaan disana, beliau membeli lahan tersebut untuk dijadikan Taman Istana yang diberi nama "The Dusit Palace". 

Vimanmek Mansion selesai dibangun dan dirayakan pada 27 Maret 1901 dengan 72 kamar dan interior bergaya campuran Neo Classic dan Eropa.  Pada tahun 1982 dengan izin King Rama IX, Ratu Srikit merenovasi Vimanemk Mansion untuk mengenang King Rama V.  Kini, tempat ini dijadikan museum dan pengunjung bisa melihat kecantikan desain interior bangunan, perabotan dalam seperti foto, karya seni, alat-alat musik seperti piano, biola, dan lain-lain, serta berbagai hadiah yang dipajang.

Peraturan Ketat bagi Pengunjung Vimanmek Mansion

Yang perlu diperhatikan sebelum memasuki Vimanmek Mansion adalah:

  • Pengunjung tetap harus berpakaian sopan dan tertutup, dikarenakan Vimanmek Mansion merupakan salah satu properti Kerajaan Thailand. Apabila pengunjung tidak memenuhi syarat, disini sudah tersedia kain panjang (pasmina) yang diperjualbelikan dengan harga 50 - 100 bath. 
  • Aktifitas fotografi dilarang keras saat menelusuri bagian dalam Istana Vimanmek Mansion. Harap menyimpan tas, kamera, handphone di loker dengan harga sewa mulai dari 10 - 20 bath. Jangan coba-coba untuk menyelipkan handphone di saku, karena akan dilakukan pemeriksaan ulang di pintu masuk. Apabila ternyata Anda ketahuan membawa handphone atau kamera, maka Anda harus kembali ke ruangan loker dan membayar biaya sewa untuk loker baru. Begitu Anda membuka loker dengan kunci, maka kamu dikenakan biaya baru agar bisa menutunya.
  • Sepatu dan sandal harus ditinggalkan di ruangan bawah. (jangan kaget kalau ruangan ini agak  "smell" yah, haha) 
Kediaman Raja dari  Kayu Jati Terbanyak di Dunia

Ini pertama kali saya menelusuri rumah raksasa dengan ribuan kayu jati yang kuat dan kokoh, licin, bersih dan sangat terawat.  Wah, gak kebayang deh gimana dulu keluarga Kerajaan bertemu, butuh waktu yang lama karena luas dan besarnya Istana ini. Haha.

Ada banyak sekali ruangan di Vimanmek Mansion, dan dibatasi dengan tali pengaman larangan pengunjung agar tidak masuk. Ada banyak juga ruangan yang digunakan untuk para pegawai istana yang menggunakan seragam berwarna coklat.

Akhirnya, kami selesai menelusuri bagian dalam Istana Vimanmek Mansion dan mengambil kembali barang di loker. Kami siap-siap menuju Istana nan megah dan memukau yaitu, "The Ananta Samakhom Throne Hall". [Baca: Megahnya Istana Ananta Samakhom The Throne Hall].

Add caption
Kami menuju Ananta Samakhom dengan berjalan kaki menelusuri taman Istana Dusit yang begitu bersih, sejuk dan rapi. Oh yah, disini kamu bakal melihat ada banyak sekali burung gagak besar hinggap di pepohonan. Satu lagi, ketika berjalan menimati suasana sejuk dengan pemandanga taman yang indah, perhatikan di rumput taman, jangan-jangan ada Kadal Besar bebas merayap di taman. Waktu itu saya cuma melihat satu sih. 

Cara menuju Vimanmek Mansion.
Menuju Vimanmek Mansion tidaklah sulit, kamu dapat langsung memesan taxi atau pesan online melalui aplikasi grab atau uber dengan tarif tetap. Untuk taxi kami membayar sekitar 91 bath (Rp 35.000,-)

Nah, buat teman Cerita Travel yang berencana ke Bangkok, jangan sampai lewatkan kesempatan berkunjung ke Istana Vimanmek Mansion yah. Ada banyak inspirasi yang mungkin kamu bisa dapatkan dengan berkunjung ke Dusit Palace ini.

Salam Traveling..!


Baca: Tips dan Biaya Perjalanan 4H3M di Bangkok Thailand

Video Singkat "My First Trip to Bangkok, Thailand"

No comments:

Powered by Blogger.