Potret Bahagia Wisata Keluarga di Kalijodo Jakarta

Kalijodo Jakarta Taman Wisata Keluarga Baru Ibukota


Cerita Travel -  Kalijodo hari ini bukanlah Kalijodo di masa lalu. Dulunya tempat ini 'gelap' dan enggak bersih loh. Tapi,  Kalijodo sekarang udah menjadi tempat dimana Kamu bakal melihat keceriaan anak-anak bermain, berlari dan tertawa bersama teman-temannya.  


Ketika berkunjung ke tempat ini, temen-temen Cerita Travel cukup kaget loh,  karena walaupun masih baru selesai dibangun dengan pepohonan yang baru ditanami, tampak ribuan pengunjung datang menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga di tempat ini dan potret bahagia di taman wisata keluarga Kalijodo Jakarta ini pun bertebaran dimana-mana. 

Kalijodo Jakarta diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, yaitu Bapak Basuki Tjahaja Purnama pada tanggal 22 Februari 2017. Sebelum melanjutkan Cerita liburan ke Kalijodo kini, yuk kita intip sekilas tentang Kalijodo dulunya.

Perayaan Pesta Air Tionghoa Asal Muasal Kalijodo


Kalijodo ternyata berasal dari kata 'kali' dan 'jodoh' yang dulu dijadikan sebagai tempat Pesta Air yang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang disebut Peh Cun, yaitu perayaan hari ke - 100 kalender imlek. Banyak muda-mudi meramaikan perayaan Pesta Air ini dengan melintasi Angke menggunakan Perahu. 

Konon, apabila ada pria yang menyukai seorang wanita di perahu lainnya, maka ia akan melempar kue terigu bernama Tiong Cu Pia dan sang wanita akan melemparkan kembali kue tersebut sebagai tanda gayung bersambut. Tradisi ini terus berlanjut dan menjadi ajang pencarian jodoh sehingga disebutlah dengan istilah Kalijodo. Namun, pada tahun 1958, Walikota Jakarta Sudiro melarang perayaan budaya Tionghoa di tempat itu.

Fakta Kalijodo: Lokalisasi di Tengah Pemukiman Penduduk

Menurut cerita, pada tahun 1600-an tempat ini sudah dijadikan tempat prostitusi terselubung. Konon, banyak pelarian manchuria berlabuh di Jakarta dan mencari gundik atau disebut 'Cau Bau' karena tidak membawa istri dari negaranya. Para wanita cantik setempat pun berusaha menarik hati warga etnis Tionghoa sembari bernyanyi lagu klasik di atas perahu di pinggir kali.  

Namun, ternyata lama - kelamaan, tempat ini pun terang-terangan berubah menjadi sarang psk yang dijaga ratusan Preman yang berani mati untuk mengamankan berbagai transaksi gelap di tempat ini.

Ahok  Gusur Kalijodo dan Sulap Menjadi Taman Keluarga

Pada bulan Februari 2016, Gubernur baru Ibukota,  yaitu Bapak Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disebut Ahok, melakukan penggusuran pemukiman ilegal di Kalijodo dan melibatkan ribuan personil keamanan. Menggaet pihak swasta, Pemerintah DKI sulap Kalijodo Jakarta dari tempat gelap menjadi kawasan dimana setiap warga bisa bertemu dan bersantai di taman sembari melihat berbagai aktifitas dan anak-anak yang begitu ceria bermain di tempat ini.

Kalijodo Jakarta Kini menjadi Taman Wisata Keluarga di Jakarta



Lupakan masa lalu, mari kita lihat Kalijodo kini. Kalijodo telah berubah menjadi taman wisata kota atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dibangun di atas lahan seluas 1.4 hektar. Di tempat ini Kamu bakalan menemukan banyak aktifitas dan tempat bersantai mulai dari anak-anak hingga orang tua.  Sembari duduk, Kamu juga bisa menyaksikan anak-anak bermain. Nah, apa lagi  keistimewaan Kalijodo sekarang?

Kalijodo Punya Arena Skate Park Taraf Internasional

Masyarakat Jakarta khususnya pencinta Skateboard boleh berbangga nih, karena Kalijodo kini memiliki Skatepark lengkap yang bisa digunakan baik pemula maupun mereka yang bisa bermain dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Kamu pencinta Skateboard? Ayo, coba kemampuanmu di di Skate Park Kalijodo!

Arena Speda BMX Trek Manantang di Kalijodo

Buat Kamu yang suka olahraga sepeda, disini juga tersedia trek khusus sepeda dengan jalan berlekuk membentuk gelombang loh yang bakalan nantangin Kamu. Uniknya, ada banyak anak-anak yang suka menjadikan trek ini untuk area berlari, untungnya anak kecil yang lain sabar menunggu mereka melintas.

Lapangan Futsal di Kalijodo

Buat anak-anak yang menyukai olahraga sepakbola, di tempat ini ada area khusus yang digunakan untuk bermain futsal. Jadi anak-anak tidak perlu harus pergi jauh-jauh dan membayar sewa lapangan futsal dengan harga yang mahal lagi deh.

Outdoor Gym di Tengah Taman

Nah, ada banyak lagi akftitas olah raga di luar ruangan yang bisa Kamu nikmati di Kalijodo tanpa harus pergi ke tempat gym untuk fitness. Buat yang suka jogging, di tengah taman tersedia trek jogging bagi Kamu yang ingin olah raga di pagi atau sore hari.

Kalijodo Area Bermain yang Aman Bagi Anak-anak

Bagi parents atau orang tua yang membawa anak kecil,  jangan khawatir karena ada banyak fasilitas bermain loh buat balita dan anak-anak yang bisa digunakan,  seperti pelosotan, kereta api, naik kuda, naik mobil-mobilan dan banyak lagi.

Fasilitas Lengkap di Kalijodo

Bagi keluarga yang sedang liburan akhir pekan di Kalijodo, faslitas di tempat ini cukup lengkap. Pengunjung bisa menikmati menggunakan Bis tingkat gratis rute Balikota-Kalijodo yang beroperasi setiap hari Senin - Jum'at pukul 11.00-19.00 dan hari  Sabtu - Minggu Pukul 09.00 - 23.00. Atau bagi yang membawa kendaraan sendiri, juga disediakan area parkir namun tidak begitu luas jika dibandingkan dengan ribuan pengunjung. 

Oh ya, Taman Kalijodo menyediakan toilet ber - AC untuk pria dan wanita loh, bahkan toilet khusus bagi pengujung yang berkebutuhan khusus atau difabel.  Jangan takut kalau lapar dan haus melanda, karena disini ada banyak warung penjual makanan dan minuman dengan menu beragam yang bisa Kamu nikmati.

Di Taman ini juga ada kursi panjang untuk pengunjung yang ingin duduk, area hijau taman bermain, ruang serba guna,  dan mushala. Lengkap deh..!

Nah, agar taman tetap bersih, tentunya harus kita jaga bersama dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan di beberapa titik di taman.

Cara Menuju Kalijodo

Lokasi Kalijodo berada di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Utara/Barat, DKI Jakarta. Kamu bisa menggunakan Bis tingkat gratis dari Balaikota. Jika menggunakan transportasi umum, Kamu bisa naik Busway  tujuan Pluit dengan cukup membayar tiket seharga  Rp 3,500,- saja. Lalu turun di Halte Jembatan Dua, menyeberang dan cukup berjalan kaki saja sekitar 350 meter ke arah barat Taman Kalijodo, sampe dehh...!

Nah, itulah keseruan tempat wisata baru di Ibukota Jakarta tercinta,  yaitu Taman Kalijodo, yang sangat tepat untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga. Nah, dapatkan cerita travel berkesan Kamu ke Kalijodo Jakarta,  taman wisata baru Ibukota.

No comments:

Powered by Blogger.