Shirakawa - Go Village, Situs Warisan Dunia di Jepang Diburu Wisatawan

Shirakawa - Go Village Situs Warisan Dunia di Jepang Diburu Wisatawan


Shirakawa - Go Village merupakan salah satu pemukiman penduduk desa yang letaknya berada di tengah pegunungan hutan lebat di Negara Jepang. Tak hanya letaknya yang unik, nilai sejarah dan sosial yang tinggi,  menjadikan Desa Shirakawa Go sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1995.  Wisatawan pun mulai berbondong-bondong untuk berkunjung ke Desa Shirkawa Go yang masih dihuni oleh penduduk asli ini.

Demi menjaga kelestariannya, pemerintah pun memberikan perhatian yang khusus bagi desa ini sebagai salah satu aset wisata penting kebudayaan Jepang. Salah satu fakta yang unik dan menarik adalah, Desa Shirakawa sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan justru ketika cuaca ekstrim melanda yaitu saat musim dingin tiba dimana dengan salju putih menutupi pemukiman desa.

Nah, masih banyak lagi kesitimewaan yang menjadi alasan mengapa  Shirakawa - Go Village situs warisan dunia di Jepang ini diburu wisatawan. Penasaran?  yuk kita simak selengkapnya disini.

Lokasi Shirakawa - Go Village di Jepang

Desa Shirakawa terletak di lembah Sungai Sho - Gawa (Shirakawa), lembah Gunung Ryohaku, berbatasan dengan perfektur Gifu dan Toyama.  Letak perumahan penduduk juga bervariasi,  mulai dari 350 meter hingga sekitar 2700 meter di atas permukaan laut.  Saat musim salju, desa ini tampak begitu cantik. Pandangan mempesona pun berlanjut di malam hari, kala lampu-lampu menghiasi perumahan penduduk.

Keistimewaan Shirakawa - Go Village Jepang 

Yang menjadi keistimewaan dari Desa Shirakawa adalah, merupakan hutan dan pemukiman dengan salju terbesar di Jepang bahkan di dunia dengan ketebalan salju tertinggi mencapai hingga 171 cm pada Bulan Februari.  Shirakawa Go didominasi oleh perbukitan hutan sekitar 96% dan masih sedikit lahan yang dijadikan sebagai daerah bercocok tanam maupun area persawahan. 

Konstruksi Bangunan Shirakawa - Go Model Gassho - Zukuri

Sebenarnya Shirakawa Go memiliki 4 desa dimana salah satunya adalah bernama Desa Ogimachi yang masuk sebagai situs warisan dunia.   Yang membuat unik adalah di desa ini hampir semua model dan gaya arsitektur bangunannya berbentuk Gassho - zukuri yaitu berbentuk segitiga runcing. Kata Gassho merupakan bahasa Jepang yang menyatakan sebuah gerakan ritual,  dimana tangan terkatup di dada dengan tujuan untuk berdoa atau tanda hormat, permintaan maaf maupun menyatakan rasa syukur.

Konstruksi bangunan model Gassho - Zukuri di Shirakawa - Go yang berbentuk segitiga ini bertujuan agar air hujan dan salju lebat lebih mudah menetes atau turun ke bawah. Dengan begitu beban atap akan berkurang dan rumah tetap berdiri kokoh. Biasanya Rumah Gassho ini memiliki bentuk yang besar yang terdiri dari 3 hingga 4 lantai di bawah atapnya.

Tradisi Yui di Shirakawa Go

Kesempatan terbaik bagi Anda apabila bisa menyaksikan Tradisi Yui di Shirakawa Go. Tradisi Yui merupakan proses penggantian atap rumah yang dilakukan selama 20 tahun hingga 30 tahun sekali dengan cara gotong-royong sesama warga. Rasa kebersamaan inilah yang menjadi kekuatan dan kekeluargaan yang membuat Desa Shirakawa ini tetap bertahan bahkan mendapat perhatian khusus di dunia pariwisata dunia.

Wada House, Rumah Terbesar di Shirakawa Go

Rumah Gassho - Zukuri di Shirakwa Go saat ini berjumlah sekitar 114 rumah dan yang bangunan tertua sudah berusia sekitar hampir 300 tahun. Rumah Gassho - Zukuri yang terbesar di Shirakawa Go adalah Wada House atau Rumah Wada.  Bangunan ini merupakan bangunan khusus dan penting di Shirakawa - Go yang ditempati oleh keluarga para pemimpin desa dari generasi hingga generasi.

Rumah Wada  berjarak sekitar 7 menit dari perhentian Bus Ogimachi Gassho - Shuraku ini, di masa lalu dijadikan sebagai tempat untuk menjalankan bisnis. Di bawah lantai satu dijadikan tempat pembuatan bubuk senjata dan lantai atas digunakan untuk tempat memelihara ulat sutra. Harga tiket masuk Wada House di Shirakawa Go Jepang ini adalah sebesar 300 Yen.

Nah, buat temen-temen yang pengen berkunjung ke Jepang nih, jangan sampai melewatkan Shirakawa Go Village dalam destinasi wisata Kamu. Jalan - jalan ke Jepang memang paling seru dan menyenangkan yah, apalagi saat musim salju tiba. Oh ya, jangan salah yah, enggak cuma musim salju saja kok, Kamu juga bisa berkunjung ke Shirakawa Go pada saat musim semi, pemandangan desa yang cerah dan keindahan hutan yang sejuk juga enggak kalah menarik loh.  Jadikan cerita travel kamu semakin seru dan berwarna. 

No comments:

Powered by Blogger.